Karna kebetulan hari ini hari jumat, gw jadi kepikiran buat nulis ini… ini bukan hanya ditujukan buat cowok yg rutin (dan harus) solat jumat, tp juga buat cewek yang pengen tau apa sih yang dilakukan para pria2 jantan kalo lagi jumatan? Well, gue bakal kasih tau lebih detail… yg jelas kita ga hanya 4D (datang duduk diem dongo) trus pulang.. banyak hal2 yang menarik…

Buat cowok nih ya, solat jumat itu sebagai ajang mempercakep diri.. cowok itu kalo mau jumatan pasti lebih cakep dari sebelumnya. Kalo tampang kayak belum mandi bisa diakal2in dengan berwudhu. Baju kumel2 pasti terlihat lebih cakep kalo pake baju koko. Rambut keriting, botak, botak stengah dll bisa ditutupin dengan satu aksesoris legendaris: Peci. Bau badan kayak jeroan sapi, gampang… Nabi menganjurkan memakai wewangian sebelum jumatan. Bagi cowok yg ga punya parfum, gampang..  tinggal ke masjid.. di teras masjid banyak yang jual parfum2 harga 5000 perak, ambil dengan alasan pengen cobain baunya, tetesin di tangan dikit, gosokin di badan, selesai. Super sekali…

Blum sampai di situ… hal yang harus kalian perhatikan kalo mau jumatan ialah, Sendal… Daripada gue panjang2 ngasih tau bagaimana si pencuri sendal beroperasi tiap jumat, mending gw kasi tau cara mencegahnya… karna pencuri itu cuman bermodalkan niat dan kesempatan… super sekali

Tips 1. Gembok

Ini cukup manjur… gimana engga liat penampakan luarnya aja pencuri udah patah semangat.. apalagi kalo model sendalnya ala qadarnya.

Tips 2. Pisahkan sendalnya.

Jadi, usahakan sendal kalian itu ga disimpen berdekatan. Sendal yang kanan simpen di lemari sendal pojok atas, dan yang satunya di pojok bawah. Ini cukup manjur mengingat si Pencuri pasti butuh waktu buat nyari pasangannya. Kalo mau lebih amannya, biasanya kan Masjid punya 2 pintu, nah sendal kanan disimpen di pintu Utara, yang kiri disimpen di pintu Selatan…. kalo masjid yg kmu tempatin gedenya kayak Istiqlal, pikirin sendiri deh.

Tips 3. Tulis kata2 bijak di sendal.

Pencuri juga pasti punya hati. Kalo misalnya pas mau nyuri dia ngeliat kata “Sesungguhnya Allah maha melihat” atau “Yang nyuri sendal ini mandul 7 turunan” atau “UU no.30 tahun 1998: Barangsiapa yang mencuri yang bukan haknya, akan dikenai hukuman minimal 5 tahun penjara” pencuri pasti bakal mikir lagi buat nyuri sendal.

Tips 4. Berdoa dan bertawakkal.

Karna sesungguhnya segala cobaan itu datangnya dari Allah SWT termasuk kehilangan sendal.

—————————————————————————————————————————

Biasanya nih ya, pencuri sendal itu punya perilaku khusus. Yang paling keliatan ialah, suka datang terlambat, dan kalo selesai pulangnya paling cepet. Tapi yang paling gampang kalian bisa liat dari perbandingan wajahnya sama sendalnya. Kalo wajahnya mirip kuli bangunan trus sendalnya keren, kulit asli, dan mengkilat perlu diwaspadai.

Oke, kita lanjut lagi… Dimana-mana, kalo kalian datang terlambat pasti kacau, termasuk solat jumat. Kalo kalian datang terlambat dan udah penuh, cuman 2 pilihan, duduk di teras atau berdiri di depan pintu sampe ceramahnya selesai. Paling bagus kalo datang lebih awal, duduk di shaf depan. Kata pak Udztad nih ye, kalo duduk paling depan dapet pahala sebesar seekor Unta, shaf kedua dapet pahala seperti seekor kerbau atau sapi, shaf ketiga dapet pahala seperti seekor domba, shaf keempat seperti seekor ayam. Nah yang gue kuatirin nih ya shaf yang dibelakang2 itu paling banter cuman dapet telor ayam dan yang paling tragis, shaf yang paaling belakang cuman dapet e’e ayam. Super sekali…

Biasanya nih ya sebelum si Uztadnya khutbah, pasti ada pengumuman2… apalagi pengumuman sumbangan. Di sinilah ajang para bapak2 memamerkan diri. Serasa bangga gitu ya namanya disebut + jumlah sumbangannya. Mending kalo sumbangannya gede, kalo namanya disebut trus sumbangannya cuman 50 atau 100 rb? payah. Tapi di masjid deket rumah gw pernah ada yg nyumbang pake nama “Hamba Allah” sebesar 10 juta. Ini baru bener2 ikhlas. Tapi pernah juga ada yang nyumbang “Sumbangan sebesar 1 juta rupiah dari Hamba Allah di Komplek perumahan Anggrek no.15″ ngapain pake Hamba Allah kalo ditaro alamatnya juga???

Secara umum, ada 2 jenis uztad yang khutbah, Udztad yang kalo ceramah udah kayak komentator bola… cepet banget ngomongnya, dan udztad yang kalo ceramah bisa menghipnotis… menghipnotis jama’ah buat tidurrrr…. isi ceramahnya standar, suaranya kecil, ngomongnya datar… luar biasa.Khutbah Jumat itu ada enaknya… doa apapun yang dipanjatkan asalkan pake bahasa arab, pasti diaminkan sama jama’ah.. misalnya Udztadnya bilang “Allahummagfirli waliwalidayyah” pasti jamaah bilang “amiinn….” walaupun udztadnya bilang “Allahumma ahihim mubaroti fi fardilil: Ya Allah berikanlah jodoh para kaum jomblo” ataupun “Allahumma himayati lahum minqibali ababil” : Ya Allah… lindungilah mereka anak2 ababil” pasti dijawab “Amiiiiiin”

Biasanya nih ya, pas Jumatan, orang2 tua kebanyakan tidur… bapak2 juga kebanyakan tidur… anak2 muda ngelamun sambil garuk2 jerawat… anak2 di belakang rusuh ngobrolin kartun macam naruto atau dragon ball. Tapi pas solat, tenang… sempit, apalagi banyak orang. Dan yang paling susah itu kalo pengen pup, ngebatalin solat susah keluar masjidnya, ga ngebatalin muka udah pucet ga karuan… Super sekali… Daaaaan manusia yang paaling nyusahin kalo Jumatan itu, Bapak2 yang badannya gede, baunya badannya luar biasa, datang terlambat, kalo khutbah dia tidur, suara ngoroknya gede, pas solat dia ngambil banyak tempat. Super sekali….

So, bagi kalian mungkin cewek yang gatau pria2 jantan itu ngapain aja pas jumatan. Jumatan itu bukan sekedar datang ke masjid selama kurang lebih 45 menit, tapi banyak hal yang terjadi pas solat jumat termasuk sendal hilang.

Iklan